Review Album : Kunto Aji – Mantra Mantra

Kunto Aji - Mantra Mantra

Setiap kali memutar ‘Mantra Mantra’, yang saya rasakan adalah seakan lagu-lagu di dalamnya seperti sampan yang membawa ingatan saya menjelajah pada lautan rupa-rupa rasa tempat saya, dan bisa jadi juga banyak orang lainnya, pernah tenggelam di dalamnya.

‘Mantra Mantra’ adalah album kedua Kunto Aji yang ia dedikasikan bagi mereka yang sedang berjuang dengan isu mental health. Konsep yang menarik. Lebih lagi cover-nya sangat merepresentasikan siapa pun (saya juga) yang termasuk team overthinker. Satu hal lagi, trek di album ini seperti disusun menyerupai entri jurnal atau bab di dalam novel. Menyenangkan saat menikmatinya secara sequence (runut) mulai dari trek pertama hingga pamungkas.

‘Mantra Mantra’ dibuka oleh trek ‘Sulung’, lagu yang langsung menyihir saya supaya melepas segala yang mengikat dan merisaki pikir. Sehabis itu saya diajak menengok kembali mimpi-mimpi dan ambisi di lagu kedua yang berjudul ‘Rancang Rencana’.

Kemudian di lagu ketiga ‘Pilu Membiru’, sekali lagi saya mafhum bahwa kehilangan dan rasa sakit akan selalu berkawan dengan siapa-siapa yang masih ada.

Segala perihal kehidupan bisa-bisanya dikonversi secara indah di album ini!

Ada soal angan dan kesabaran di ‘Topik Semalam’. Ada juga lagu ‘Rehat’ yang pas sekali didengarkan saat dalam kondisi burnout. Lalu, ‘Jakarta Jakarta’ yang merangkum paradoks hidup di ibu kota dan ‘Konon Katanya’ yang menyentil soal siapa yang bertanggung jawab atas kebahagiaan diri sendiri.

Kamu sempat enggak sih pakai gelang-gelang lucu dengan kata-kata buat mantra atau sugesti positif saat menjalani hari? Nah, seperti itu efek Saudade pada saya beberapa hari terakhir ini. Kombinasi iringan string dan liriknya bikin perasaan lapang sekaligus tetap lekat dengan pijakan. Saudade adalah trek favorit saya.

Akhirnya, ‘Mantra Mantra’ meninggalkan saya seteduh itu dengan lirik di lagu terakhir ‘Bungsu’

Salah satu hal yang saya percaya, untuk punya kondisi mental yang sehat, selalu lakukan ekplorasi terhadap semua emosi dan pikiran yang kita rasakan, cari bantuan jika menang perlu. Kesadaran bahwa kita sedang merasa itu yang pertama dan terpenting. Album ini bisa jadi teman saat kamu melakukan itu.

sumber : https://rockstagejournal.com/music-review/meresapi-mantra-mantra-milik-kunto-aji/